5 Kebiasaan Baik yang Wajib Ditanamkan dalam Diri Seseorang Sejak Kecil

anak
Gambar dari keluarga.com
Apakah anda seorang ibu atau ayah? kami rasa artikel ini sangat penting sekali untuk anda karna lima kebiasaan baik yang akan kami bahas ini akan menjadi sebuah cerminan buat sibuah hati anda di masa mendatang.

Jika anda punya seorang anak putra atau putri tidak ingin bukan jika anak anda tumbuh besar dengan pola hidup yang tidak disiplin? kami yakin jawaban nya TIDAK...!!! Jadi jika anda emang tidak mau anak kesayangan anda tumbuh seperti itu maka artikel ini wajib hukumnya anda baca dan di praktekan. oke langsung aja ini sedikit ulasan dan beberapa tips dari kami yang kami kutip dari salah satu blog ternama.

Setujukah Anda bila musuh terberat manusia sebetulnya adalah dirinya sendiri? Jika Anda setuju, maka Anda sependapat dengan saya. Mengalahkan diri sendiri itu sangatlah tidak mudah, adakalanya kita justru menyerah dibuatnya.

Kejadian berikut saya alami hampir setiap hari, mungkin juga sering Anda alami di mana Anda tinggal sekarang. Setiap hari saya melihat banyak orang yang membuang sampah sembarangan ke dalam aliran sungai dari atas jembatan. Saya sangat heran dengan perilaku orang-orang ini, apakah mereka tidak sadar ataukah memang sudah tidak peduli lagi, bahwa perbuatannya dapat membahayakan diri sendiri, orang lain serta lingkungan ekosistem yang berada di dalamnya. Kurangnya pengawasan serta hukuman berat dari pemerintah, membuat para pelakunya tidak jera, mereka dengan leluasa tetap melakukannya lagi dan lagi.

Kebiasaan buruk yang sudah mengakar di masyarakat, seperti contoh membuang sampah sembarangan di atas. Harusnya hal tersebut tidak perlu terjadi jika saja setiap dari kita memiliki kesadaraan serta kepedulian penuh terhadap kebersihan serta kenyamanan lingkungan tempat tinggal kita.

Setiap dari kita ingin tetap disebut sebagai makhluk yang bermartabat tentunya. Sebenarnya, tidak hanya mengenai membuang sampah sembarang saja, tapi segala bentuk kebiasaan buruk hendaknya tidak dilakukan. Mendidik generasi-muda sebagai penerus dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik, ketika mereka masih kecil adalah solusinya. Akan jauh lebih mudah mendidik seseorang sedari kecil daripada membuat ratusan peraturan tapi tidak pernah dipatuhi.

Orang tua memiliki peranan penting demi terwujudnya harapan tersebut. Berikut ini ada 5 kebiasaan baik yang dapat diajarkan kepada setiap orang selagi mereka masih kecil, di antaranya adalah:
 

1. Tidak membuang sampah sembarangan


Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban semua orang tanpa kecuali. Menjaga kebersihan bukan hanya tugas petugas kebersihan saja, setiap orang wajib memelihara lingkungannya bersih agar selalu sedap dipandang. Jika lingkungan bersih maka kesehatan masyarakat akan selalu terjaga temasuk ekosistem di alam juga akan ikut terjaga. Didiklah anak-anak Anda sejak dini untuk mencintai kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Jika seandainya terpaksa karena keadaan tidak tersedianya tempat sampah di mana Anda berada saat ini, simpanlah untuk sementara sampah yang Anda bawa hingga Anda menemukannya.
 

2. Membersihkan kamar sendiri


Ajari anak Anda untuk membersihkan kamar tidurnya, mintalah mereka untuk mau bertanggung jawab terhadap ruang pribadinya. Cara ini bertujuan untuk mendisiplinkan anak supaya mereka mencintai kebersihan. Jika saja setiap anak telah terbiasa hidup dengan bersih maka ketika dia tumbuh dewasa nanti dia akan segan untuk membuat kekotoran.

3. Ajari untuk memilih makanan sehat


Masih berkaitan dengan kebersihan. Mengajarkan pada buah hati Anda agar selalu selektif dalam memilih makanan yang akan dia konsumsi dan ini dapat menghindarkan mereka dari menderita penyakit yang tidak diharapkan. Ajarkanlah pada mereka bahwa makanan sehat yang akan dia konsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuhnya. Jika sedari kecil anak telah terbiasa mengkonsumsi makanan sehat maka dia akan mudah untuk menolak mengkonsumsi makan-makanan yang dapat membahayakan tubuhnya.

4. Menghormati orang tua


Katakan siapa orang tua di dunia ini yang tidak bahagia bila melihat anak-anaknya berbakti pada kedua orang tuanya ketika dia sudah tumbuh dewasa nanti. Hal tersebut tidak mustahil terjadi seandainya kasih orang tua tercurah dengan tulus kepada setiap anak-anaknya. Anak-anak akan selalu mengenang perbuatan kasih orang tuanya, dan tidak akan kuasa menolak untuk membalasnya suatu hari nanti.

5. Mematuhi peraturan


Agar hidup dengan tertib semua orang yang hidup di dunia ini haruslah mematuhi peraturan, baik itu peraturan tertulis dan tak tertulis. Di dalam rumah Anda dapat mengajari anak-anak Anda untuk mematuhi peraturan. Buatlah peraturan-peraturan sederhana, seperti: bangun pagi, olahraga sebelum beraktifitas, mengosok gigi sebelum tidur, membersihkan rumah, tidak melewati jam malam, dan sebagainya. Ajari juga mereka peraturan-peraturan yang berlaku di dalam masyarakat, seperti: mematuhi peraturan lalu lintas, tidak kencing sembarangan, mengetok pintu dan mengucapkan salam sebelum bertamu ke rumah tetangga, dan sebagainya.

Tentunya masih ada banyak hal baik lagi yang Anda sebagai orang tua dapat ajarkan kepada anak-anak Anda selain dari kelima hal di atas. Agar dapat hidup dengan tertib, seseorang harus terbiasa melakukannya sejak dia masih kecil. Bagaikan sebuah gerabah, akan mudah dibentuk ketika gerabah tersebut masih ‘muda’, namun ketika gerabah tersebut telah ‘tua’, akan sangat sulit untuk membentuknya sesuai yang kita inginkan.
 

Sumber : Keluarga.com

Subscribe to receive free email updates: